Buah Buahan Penurun Kolesterol

Buah Buahan Penurun Kolesterol – Tak semua jenis kolesterol berbahaya, kolesterol yang harus diwaspadai adalah kolesterol jahat atau LDL dan tirgliserida yang dapat menghambat aliran darah menuju otak.

Kolesterol Tinggi

Meningkatnya jumlah kolesterol jahat dalam darah yang berkaitan dengan meningkatnya trigliserida, lemak dalam darah yang dapat merusak arteri. Kolesterol yang baik dalam darah atau yang disebut dengan HDL yakni kolesterol yang memiliki manfaat dan fungsi yang baik untuk membersihkan dan melancarkan aliran darah.

Kolesterol jahat atau LDL harus dijaga kadar kolesterol dalam batas normal adalah 130 mg/dl, HDL batasan normal 40 mg/dl dan trigliserida batasan normal adalah 150 mg/dl.

Buah Buahan Penurun Kolesterol

Buah Buahan Penurun Kolesterol

Berikut ini ada beberapa jenisĀ Buah Buahan Penurun Kolesterol yang dapat menurunkan kolesterol, sebagai berikut :

1. Buah sitrus

Yang termasuk dalam Buah Buahan Penurun Kolesterol seperti buah sitrus seperti buah jeruk, anggur memiliki kandungan pektin dan serat yang berfungsi sebagai senyawa penting untuk mengendalikan kolesterol jahat atau LDL, membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah peradangan terutama pada organ jantung.

2. Kacang lentil

Kacang lentil merupakan jenis kacang yang memiliki serat yang mudah larut berfungsi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Sebuah Studi Arizona State University di tahun 2008, menyimpulkan bahwa seseorang yang makan setengah cangkir kacang jenis ini dalam sehari selama 24 minggu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat sebesar 8 %.

3. Kedelai

Pada sebuah studi di tahun 2010, mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi sumber protein nabati seperti dari kedelai dapat menurunkan kolesterol hingga 8-10 % dari total kolesterol dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi setengah cangkir kedelai dapat mengurangi sedikit konsumsi dari daging yang merupakan jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Anggur merah

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2000, menunjukkan sebuah hasil bahwa dengan mengkonsumsiĀ Buah Buahan Penurun Kolesterol seperti anggur merah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, hal ini diduga oleh antioksidan yang terkandung dalam anggur merah yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

5. Avokad

Buah avokad atau alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh namun sayangnya tinggi kalori. Oleh karena itu disarankan untuk tetap dapat menikmati, buah alpukat sebaiknya dibuat jus segar dengan kombinasi buah lainnya untuk menurunkan kadar kalori dalam alpukat. Dengan demikian alpukat dapat dikonsumsi dengan aman dan tentunya kadar kolesterol tetap terjaga.

6. Apel

Buah apel yang berukuran sedang dengan berat 4 gr merupakan jenis buah yang mudah larut dan dapat pula menurunkan kolesterol jahat. Dengan menyertakan buah apel dalam menu makanan anda sehari-hari sekitar 17 % dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

7. Strawberry

Buah strawberry kaya akan kandungan pektin, yakni sejenis serat yang mudah larut sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Strawberry juga dapat anda masukkan dalam menu buah harian anda yang dikombinasikan dengan gandum untuk kesehatan jantung.

Makanan Penurun Kolesterol

Salah satu hal yang harus diingat dalam melakukan langkah untuk menurunkan kolesterol adalah dengan cara menghindari jenis makanan yang menjadi penyebab naiknya kolesterol. Beberapa jenis makanan tersebut adalah :

  1. Makanan dengan kandungan lemak jenuh
    Makanan lemak jenuh biasanya ada di dalam daging hewan. Sebaiknya batasilah ata berhenti dalam mengonsumsi makanan yang seperti ini. Jika Anda mengonsumsi daging sapi, maka sebaiknya hindari potongan lemaknya. Dan disaat Anda sedang mengonsumsi daging ayam maka sebaiknya jangan konsumsi bagian kulitnya dan juga lemaknya.
  2. Lemak trans
    Lemak trans merupakan lemak yang dibuat dengan cara memanaskan minyak nabati cair pada gas hidrogen dan juga katalis jenis tertentu pada proses yang disebut dengan istilah hidrogenasi. Proses ini akan membuat keadaan minyak menjadi lebih stabil dan juga lebih awet serta tidak berubah menjadi tengik. Minyak trans juga bisa tahan dalam pemanasan yang dilakukan selama berulang kali sehingga lebih ideal untuk menggoreng jenis makanan cepat saji. Dan tidak mengherankan jika minyak trans merupakan andalan dari banyaknya restoran cepat saji atau juga industri makanan ringan. namun lemak trans lebih berbahaya dibandingkan dengan lemak jenuh. Karena kandungan kolesterol tinggi yang ada di dalamnya. Dan bahkan sejumlah kecil dari lemak trans yang ada di dalam makanan akan sangat merugikan kesehatan tubuh kita. Di dalam setiap tambahan dari 2 persen kalori harian lemak trans yang kita konsumsi, resiko dari terjadoinya penyakit jantung koroner akan semakin meningkat hingga mencapai 23 persen. Dan sekitar satu porsi yang sedang pada kentang goreng biasanya mengandung kandungan sekitar 5 gram lema ktrans, sangat cukup untuk menggandakan resiko dari terjadinya penyakit jantung.
  3. Makanan dengan kandungan kolesterol di dalamnya
    Pada masa lalu dokter biasanya menyarankan pasien yang menderita penyakit jantung untuk menghindari jenis makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Tetapi sebenarnya kolesterol yang ada di dalam makanan tidak seberbahaya lemak jenuh dan juga lemak trans yang ada di dalamnya. Penelitian yang dilakukan mengenai efek buruk dari makanan dengan kandungan kolesterol yang tidak bisa menghasilkan suatu kesimpulan yang jelas.

Buah Buahan Penurun Kolesterol


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penurun Kolesterol and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>